UPACARA PERINGATAN HARI JADI PROVINSI JAWA TIMUR KE 79 PEMERINTAH KOTA PASURUAN

Setiap tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. Pada tahun 2024 ini merupakan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur Ke-79 yang dilaksanakan dengan tema “Jawa Timur Bersatu, Bersama Untuk Maju“. tepat Pada hari ini Sabtu, (12/10/2024) Pemerintah Kota Pasuruan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-79 Provinsi Jawa Timur Tahun 2024.

Upacara tersebut dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai dengan 08.00 WIB di Lapangan Kompleks Perkantoran WaliKota Pasuruan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan, H. M. Toyib, S.H, dan dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan.

Ketua DPRD Kota Pasuruan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, A.KS, M.AP yang menguraikan keberhasilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur di beragai bidang.

Provinsi Jawa Timur mampu meningkatkan derajat warganya dengan menurunkan angka kemiskinan yang mampu mencatatkan sejarah mencapai satu digit yakni sebesar 9,79% per Maret 2024. Jawa Timur juga menjadi penyumbang penurunan penduduk miskin tertinggi secara nasional sebesar 206,102 jiwa dan berkontribusi sebesar 30,34% terhadap penurunan kemiskinan Nasional. Demikian juga untuk Kemiskinan Ekstrem telah turun signifikan dari 4,40% pada tahun 2020 menjadi 0,66% per Maret 2024.

Selain itu, Jawa Timur membuktikan sebagai pusatnya Desa Mandiri. Berdasarkan data Indeks Desa Membangun Tahun 2024, jumlah Desa Mandiri di Jawa Timur melesat mencapai 4.019 desa dan tetap yang terbanyak di Indonesia. Yang mana, dari Tahun 2023 ke Tahun 2024 naik 1.219 desa mandiri atau meningkat 43,54%. Ini adalah capaian luar biasa, yang merupakan hasil kerja bersama dari para kepala desa, camat, bupati, serta pendamping desa di Jawa Timur.

Setelah melaksanakan upacara, Ketua DPRD Kota Pasuruan beserta Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan dan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan menyaksikan Live Streaming Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-79 dari halaman Gedung Negara Grahadi bertempat di Ruang Rapat Eks Sekretariat MTQ Kompleks Kantor Walikota Pasuruan.

About adpem

Check Also

DESK PENGISIAN FORMAT TAHAPAN PENERAPAN SPM TAHUN 2024

Dalam rangka melaksanakan amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2021 tentang Penerapan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *